Pasti Hamil memberikan solusi dan tips cara agar cepat hamil bagi pasangan suami istri yang belum atau kesulitan mendapatkan anak terbaru 2017

2015-12-26

Vitamin untuk Ibu Hamil

Vitamin yang penting untuk ibu hamil - Penting untuk diketahui, bahwa selama masa kehamilan, gaya hidup ibu hamil tak hanya sekedar mengurangi aktifitas berat dan segudang gaya hidup lainnya, akan tetapi pertimbangan konsumsi makanan atau "material" yang masuk dalam tubuh ibu hamil juga merupakan catatan penting yang perlu untuk di ingat dan diperhatikan. Alasannya sederhana, karena sang bayi diharapkan bisa lahir dengan sehat, ibu tetap bugar dan selamat ketika melahirkan. Begitu bukan?

Langsung saja, sebenarnya ada beberapa jenis vitamin yang dapat dimasukkan dalam program diet ibu hamil. Artikel ini sekaligus menjawab pertanyaan klasik yang biasa terlontar, bahwa banyak ibu hamil yang bertanya tentang jenis dan sumber vitamin prenatal yang cocok bagi mereka dan bayi mereka itu apa saja? Ok, berikut ini saya jelaskan secara sederhana saja.

Daftar vitamin yang penting untuk ibu hamil adalah sebagai berikut :




Vitamin C

Vitamin C, dikenal sebagai asam askorbat efektif untuk perbaikan jaringan, kulit yang sehat dan pertumbuhan tulang dan gigi. Dosis harian vitamin ini penting bagi wanita hamil dan bayi mereka. Selain manfaat kesehatan sendiri, vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi. Para ahli menyarankan bahwa kekurangan vitamin C bahkan dapat mengganggu perkembangan mental.

Beberapa sumber yang baik dari vitamin C antara lain buah jeruk, paprika, kacang hijau, kentang, stroberi, pepaya, brokoli dan tomat.

Vitamin E

Vitamin ini membantu dalam pembentukan otot dan sel darah merah. Namun, dosis tinggi dari vitamin E dalam kehamilan juga tidak boleh. Para ahli menyarankan bahwa vitamin untuk ibu hamil sebaiknya mengandung vitamin E yang cukup dalam makanan mereka sehingga tidak perlu minum suplemen tambahan vitamin E selama kehamilan. Kelebihan vitamin E malah berpotensi berbahaya bagi ibu hamil.

Vitamin D

Kekurangan vitamin D sering dikaitkan dengan pertumbuhan terbelakang, kelainan bentuk tulang dan risiko komplikasi kehamilan. Para ahli menyatakan bahwa vitamin D dapat mencegah banyak penyakit seperti diabetes, kanker, penyakit gusi dan penyakit autoimun. Selain itu, juga memfasilitasi tubuh dalam mempertahankan tingkat yang tepat dari kalsium dan fosfor.

Sinar matahari, susu dan lemak ikan adalah beberapa sumber mudah untuk vitamin D.

Tiamin

Tiamin adalah vitamin yang larut air yang termasuk dalam kelompok vitamin B. Populer disebut sebagai vitamin B1, memainkan peran penting dalam metabolisme dan proses vital lainnya. Sebagai contoh, adalah penting untuk mengekstraksi energi dari glukosa. Selain membantu dalam perkembangan normal ari otak dan sistem saraf bayi, juga menurunkan risiko berat badan lahir rendah.

Sereal, gandum, telur, nasi, buah dan kacang-kacangan adalah beberapa sumber untuk mendapatkan tiamin.

Riboflavin

Riboflavin (vitamin B2) yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk kekebalan tubuh yang baik. Ini membantu dalam produksi energi untuk metabolisme lemak, protein serta karbohidrat. Vitamin ini larut dalam air, jadi tidak disimpan dalam tubuh Anda sehingga sangat penting untuk memenuhi asupannya setiap hari.

Produk susu, ikan, telur dan sereal merupakan sumber yang baik dari Vitamin B2.

Asam Folat

Sering disebut sebagai vitamin B9 atau folat, asam folat mengurangi risiko cacat saraf (NTDs). Wanita yang hamil muda dan mereka yang berencana untuk hamil dianjurkan untuk makan dan minum yang mengandung asam folat setiap hari. Jeruk, sayuran hijau dan kacang-kacangan adalah beberapa sumbernya.

Nah, itu dia beberapa vitamin yang penting untuk Ibu hamil. Sebaiknya anda memperhatikan kebutuhan vitamin untuk anda dan bayi di kandungan anda, agar anak anda nantinya lahir sehat dan cerdas.

Sekian, semoga bermanfaat.

Vitamin untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pasti Hamil