Pasti Hamil memberikan solusi dan tips cara agar cepat hamil bagi pasangan suami istri yang belum atau kesulitan mendapatkan anak terbaru 2017

2015-12-26

10 Penyebab Kualitas Sperma Menurun

10 penyebab kualitas sperma menurun.

Ketika Anda dan pasangan mencoba membahas rencana kehamilan, maka 1 dari sekian topik yang sangat penting untuk diketahui adalah kualitas sperma. Kondisi sperma merupakan faktor penentu yang berkontribusi terhadap keberhasilan proses pembuahan. Sehingga, disini pria harus tahu faktor apa saja yang menyebabkan kualitas sperma menurun atau jumlah sperma berkurang.

Faktor gaya hidup yang tidak sehat, kadar stres tinggi dan program diet yang tidak pas merupakan beberapa faktor utama yang berpengaruh terhadap berkurangnya jumlah sperma atau menurunnya kualitas sperma pada pria. Namun itu hanya beberapa saja, selebihnya mari kita simak dan pahami.

Berikut adalah 10 penyebab kualitas sperma menurun, yang dilansir dari Boldsky :

1. Mandi air hangat
Mandi air hangat untuk relaksasi tubuh memang pas. Tapi Anda juga perlu tahu bahwa ternyata mandi menggunakan air hangat dapat menyebabkan jumlah sperma berkurang karena terjadi peningkatan suhu dalam testis. 

2. Celana terlalu ketat
Sudah menjadi rahasia umum, bahwa memakai celana terlalu ketat dapat meningkatkan suhu testis. Peningkatan suhu ini pada akhirnya akan berimbas pada menurunnya jumlah dan kualitas sperma.

3. Radiasi handphone/smartphone
Menurut data penelitian, radiasi yang dihasilkan HP sebenarnya memiliki dampak cukup besar pada jumlah sperma pria yang bisa di produksi.


4. Stres
Kondisi kejiwaan atau stres merupakan salah satu dari sekian penyebab masalah kesehatan. Kondisi kejiwaan tidak hanya mempengaruhi kesehatan emosional, tetapi juga akan menyebabkan masalah lain, yaitu infertilitas pada pria.

5. Jarang berhubungan intim
Jarang melakukan hubungan intim selain dapat menurunkan kadar sperma, juga dapat menyebabkan bentuk sperma berubah menjadi tidak sehat.

6. Kecanduan alkohol
Faktanya, alkohol dapat menurunkan kadar hormon testosteron dan menyebabkan berkurangnya jumlah sperma. Kecanduan alkohol menjadi salah satu penyebab ternjadinya infertilitas pada laki-laki.

7. Tembakau atau rokok
Sudah menjadi rahasia umum bahwa rokok dapat menyebabkan impotensi. Selain berpengaruh pada berkurangnya jumlah sperma, kebiasaan merokok juga berpengaruh pada kesuburan pria. Bahkan penelitian menyimpulkan bahwa merokok dapat menyebabkan kemandulan.

8. Produk kedelai
Kedelai mengandung senyawa isoflavon yang berpengaruh pada infertilitas pada pria.

9. Nonton TV
Secara tidak sadar, terlalu lama duduk dan menonton acara TV selain dapat menyebabkan obesitas juga dapat mengurangi jumlah produksi sperma. Peneliti dariBritish Journal of Sports Medicine menyebutkan, bahwa pria yang melakukan banyak aktifitas fisik secara teratur dan menghindari menonton TV memiliki kualitas sperma lebih baik.

10. Menggunakan laptop
Menggunakan laptop dengan cara di pangku dapat menyebabkan efek buruk jangka panjang. Suhu panas yang dihasilkan oleh oleh dapat meningkatkan suhu di skrotum dan dapat mengurangi jumlah sperma. (Boldsky)

10 Penyebab Kualitas Sperma Menurun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pasti Hamil