Pasti Hamil memberikan solusi dan tips cara agar cepat hamil bagi pasangan suami istri yang belum atau kesulitan mendapatkan anak terbaru 2017

2015-12-26

Tips Cerdas untuk Meningkatkan Kesuburan Pria

Bagi sebagian pasangan, memperoleh anugrah kehamilan, baik itu hamil muda setelah menikah maupun hamil tua diatas umur 30an tidaklah susah. Dan sebagian lainnya menampik fakta untuk bisa cepat hamil cukup mudah caranya. Karena setiap tubuh manusia memiliki kondisi fisik berbeda. Setuju?

Salah satu problem yang krusial dan sangat terkait dengan rencana untuk cepat hamil adalah masalah kesuburan, baik pria maupun wanita. Dari sisi pria, salah satu faktornya adalah karena jumlah spermanya menurun.

Seorang Peneliti bernama Allan Pacey memperingatkan kepada para pria agar tidak menunda rencana untuk memiliki keturunan. Pasalnya, semakin lama pria tersebut menjadi ayah, maka kualitas sperma yang dihasilkan akan semakin menurun dan pada akhirnya akan menjadi mutan. Tambahnya, risiko pria yang menjadi ayah dalam usia 30 - menopause berpotensi memiliki anak dengan gangguan, misalnya seperti gangguan perkembangan (autisme) dan gangguan psikotik (skizofrenia).
Periksa ke dokter sebagai tindakan paling tepat untuk menhindari kesalahan fatal. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis terpercaya di kota masing-masing. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kesehatan Anda baik-baik saja secara menyeluruh. Jika ada penyakit seperti tekanan darah tinggi, gangguan tiroid, diabetes dan penyakit lainnya harus segera didiagnosis serta diobati. Alasannya adalah karena penyakit-penyakit tersebut setidaknya menjadi salah satu pemicu terganggunya kesuburan pria. Dan yang tak kalah penting lagi adalah, pastikan bahwa tidak ada obat yang akan mengganggu kesuburan. Karena hormon yang berkenaan dengan reproduksi ini bisa terpengaruh.

Belum lagi jika kita berbicara seputar buruknya tingkat kesuburan karena infeksi bakteri. Jadi cukup kompleks sebenarnya masalah kesuburan ini.

2. Memperbaiki program diet

Diet memang bagus untuk tubuh, tapi salah program diet juga bisa menyebabkan terganggu tingkat kesuburan. Untuk itu, penting untuk perhatikan tips diet berikut ini:
  • buah-buahan, biji-bijian dan sayuran bagus untuk meningkatkan kesuburan, tambahkan dalam program diet Anda. 
  • Kurangi atau hindari konsumsi makanan hewani yang mengandung banyak lemak.
  • Kurangi konsumsi makanan yang digoreng
  • Hindari makanan yang mengandung pestisida dan herbisida dalam makanan organik

3. Sesuaikan Pilihan gaya hidup Anda 

  •  Perbaiki gaya hidup menjadi lebih baik.
  • Hentikan mengkonsumsi steroid anabolik karena obat jenis ini memiliki efek samping yang cukup berbahaya bagi kesehatan dan kesuburan pria.
  • Hindari rokok dan alkohol, 2 kata benda yang pada akhirnya akan menggerogoti organ dalam, termasuk sperma Anda.
  • Hindari celana ketat dan mandi air panas. Penyebabnya sudah saya jelaskandisini

4. Hindari stres

Apakah stres berpengaruh pada tingkat kesuburan? jawabannya YA.
Penelitian telah membuktikan bahwa tingkat stres yang berlebihan bisa secara langsung berpengaruh pada otak, kemudian produksi hormon kortisol akan meningkat dan pada akhirnya jumlah sperma dan kemampuan reproduksi akan berkurang. Selain hormon kortisol, ada hormon RFamide yang diihasilkan tubuh ketika kita sedang mengalami stres. Dimana dampak dari hormon RFamide ini bisa mengehentikan kemampuan reproduksi baik laki-laki maupun perempuan.

Selama stres berjalan, maka dalam otak kita menghasilkan molekul yang disebut neuropeptida. Molekul ini berpotensi merusak proses reproduksi.
Jaga diri untuk tetap tenang dan hindari stres, karena stres merupakan salah satu penyebab yang dapat mengurangi tingkat kesuburan baik pria maupun wanita. Maka sebisa mungkin luangkanlah waktu untuk menikmati hidup atau bersantai dan tertawa dengan keluarga.

    5. Berolahraga secara teratur

    Olahraga secara teratur selain menyehatkan tubuh juga sangat bagus untuk meningkatkan kesuburan. Selain itu, dengan berolahraga Anda bisa mengurangi kadar kecemasan dan stres, dimana kedua kondisi tersebut sudah kita ketahui memiliki efek negatif pada tingkat kesuburan laki-laki.

    6. Utamakan keselamatan kerja

    Meskipun sedang berada di tempat kerja, selalu ingatkan diri sendiri untuk melindungi kesuburan Anda.
    • Hindari pelarut organik, panas terik matahari yang sangat tinggi, radiasi ponsel dan perangkat elektronik atau gadget lainnya, pestisida dan logam berat seperti merkuri, timbal dan kadmium.
    • Tampil macho di tempat kerja kerja rasanya tak begitu penting. Maka gunakanlah pakaian ataupun peralatan untuk menjaga keselamatan dan terhindar dari risiko cedera.

    Tips Cerdas untuk Meningkatkan Kesuburan Pria Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pasti Hamil